Berapa lama perjalanan dari Bumi ke Mars?


Pada artikel blog sebelumnya, saya telah menjelaskan panjang lebar tentang perbedaan bumi dan mars. Sekarang, saya akan membahas tentang pernjalanan dari Bumi ke Mars. Berapa waktu yang diperlukan jika kita ke planet Mars? Berapa kecepatan yang dibuthkan agar kita cepat ssampai di planet Mars? Sejauh mana wahana antariksa buatan manusia dapat terbang ke planet Mars? Ok, langsung aja saya bahas.

Seberapa jauh planet Mars dari Bumi?
Inilah pertanyaan pertama yang harus kita jawab. Mars adalah planet ke empat dari Matahari dan terdekat kedua setelah Venus. Namun jarak kedua planet ini berubah secara konstan saat mereka mengitari matahari. Secara teori, Bumi dan Mars akan saling mendekat jaraknya saat Mars berada pada titik terdekat dengan matahari (perihelion) dan Bumi pada titik terjauhnya (aphelion). Hal itu akan memberikan jarak terdekat hanya sebesar 54,6 juta km. Namun hal itu tidak pernah terjadi. Rekor terdekat jarak Bumi edngan Mars adapah pada tahun 2003, saat itu Bumi dan Mars hanya berjarak 56 juta km (dan saat itu Mars terlihat sebesar biji kedelai jika dilihat tanpa bantuan alat). Kedua planet akan memiliki jarak terjauh, yaitu saat terpisah oleh matahari dengan jarak hingga 401 juta km. Rata-rata jarak Bumi dengan Mars sekitar 225 juta km.

Dengan Kecepatan Cahaya
Cahaya dapat berjalan dengan kecepatan 299.792 km / detik. Jika sebuah cahaya dipancarkan dari planet Bumi ke Mars (atau sebaliknya) maka perkiraan waktu sampainya sebagai berikut:
  • Saat berada di titik terdekat: 182 detik, atau sekitar 3 menit
  • Saat berada di titik terjauh: 1.342 detik, atau sekitar 22 menit
  • Dengan jarak rata-rata: 75 detik, atau sekitar 12,5 menit

Wahana Antariksa menuju Mars sejauh ini
Wahana antariksa tercepat saat ini adalah New Horizon milik NASA, yang sedang dalam perjalanan ke Pluto. Pada januari 2006, wahana tersebut meninggalkan Bumi dengan kecepatan 58.000 km/jam. Dengan kecepatan itu diperkirakan akan mencapai Mars:
  • Saat titik terdekat: 942 jam (39 hari)
  • Saat titik terjauh: 6.944 jam (289 hari)
  • Jarak rata-rata: 3.888 jam (162 hari)

Namun tidak semudah itu, saat semua menjadi lebih rumit...
Sudah jelas, masalah jarak pada perhitungan di atas jika Bumi dan Mars berada pada garis lurus, sayangnya kita masih harus memperhitungkan perjalanan mengelilingi orbit matahari, dan mau tidak mau harus memperhitungkannya.
Walaupun hal itu bukan masalah saat titik terdekat, ketika kedua planet berada pada sisi matahai yang sama, namun masih ada masalah lain. Kedua planet berada pada jarak yang konstan, artinya saat wahana diluncurkan dari Bumi pada titik terdekat tadi, Mars akan berada pada jarak yang sama pada orbitnya selama 39 hari perjalanan wahana tersebut, mengerti? Mudahnya, saat kita naik motor dan ada mobil di depan kita, kita berusaha melempar sebuah apel ke mobil tersebut, jika kekuatan kita tidak cukup, maka apel tersebut tidak akan sampai ke mobil tadi, karena motor yang kita naiki dan mobil di depan kita berada pada kecepatan dan jarak yang sama, tidak berubah. Maka diperlukan kekuatan lebih agar apel tadi sampai ke mobil didepan kita.
Kenyataannya, kedua planet bergerak pada orbitnya mengelilingi matahari secara terus menerus. Engineer harus menghitung orbit yang ideal untuk mengirim ahana dari Bumi ke Mars. Faktor yang diperhitungkan bukan hanya jarak, tapi juga efisensi bahan bakar. seperti melempar apel ke mobil tadi, engineer harus memperhitungkan dimana planet tersebut berada saat wahana sampai, tidak menghitung dimana planet tujuan saat wahana diluncurkan. Wahana juga harus mengurangi kecepatan saat akan memasuki orbit planet tujuan agar tidak "kebablasan" melewati planet tujuan.
Jadi, berapa lama perjalanan dari Bumi ke Mars tergantung dimana posisi orbit kedua planet tersebut berada saat wahana diluncurkan. Juga tergantung kepada perkembangan teknologi sistem propulsi/mesin wahana.
Berikut daftar lama perjalanan ke Mars yang tercatat dalam sejarah:
  • Mariner 4, wahana pertama ke planet Mars (1964 flyby): 228 hari
  • Mariner 6 (1969 flyby): 155 hari
  • Mariner 7 (1969 flyby): 128 hari
  • Mariner 9, wahana pertama yang mengorbit Mars (1971): 168 hari
  • Viking 1, wahana milik Amerika pertama yang mendarat di Mars (1975): 304 hari
  • Viking 2 Orbiter/Lander (1975): 333 hari
  • Mars Global Surveyor (1996): 308 hari
  • Mars Pathfinder (1996): 212 hari
  • Mars Odyssey (2001):  200 hari
  • Mars Express Orbiter (2003): 201 hari
  • Mars Reconnaissance Orbiter (2005): 210 hari
  • Mars Science Laboratory (2011): 254 hari

Komentar