Tarin Eksotis Cendrawasih Merah


Keindahan alam Papua seakan tidak ada habisnya. Mulai dari bentangan alam yang indah, beragam flora dan fauna didalamnya, serta budaya yang masih terus terjaga hingga saat ini. Dalam gugusan kepulauan Raja Ampat yang disebut-sebut sebagai surganya terumbu karang di dunia, terdapat satu tempat yang bernama Desa Sawinggrai.
Desa Sawinggrai merupakan desa kecil di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki potensi keunikan yang patut dilestarikan. Desa tradisional ini memegang kearifan lokal yang menjadikannya spesial dimana mereka tidak memburu cenderawasih liar di kawasan ini.
Desa Sawinggrai merupakan hunian bagi burung cenderawasih merah yang kini sudah masuk dalam kategori langka. Burung dari famili paradisaedae disebut-sebut sebagai burung surga karena keindahan beberapa warna dari bulunya.
Ada empat spesies cenderawasih yang dapat ditemukan di sekitar Desa  Sawinggrai ini, yaitu cenderawasih merah (Paradisaea rubra), cenderawasih belah rotan (Cicinnurus magnificus), cenderawasih kecil (Paradisaea minor), dan cenderawasih besar (Paradisaea apoda).
Cenderawasih merah inilah yang menjadi ikon khas Desa Sawinggrai. Di desa yang terpencil ini Anda berkesempatan menyaksikan langsung burung dari surga ini di habitat asli mereka yang masih terjaga.
Pasalnya Anda akan termanjakan oleh atraksi yang menjadi daya tarik desa ini. Berkat keuletan seorang warga lokalnya, Yesaya Mayor, dia berhasil mencari lokasi untuk jenis makanan burung ini, selama musim kawin dan bertelur.
Saat musim kawin, burung cenderawasih jantan akan melakukan gerakan seperti menari untuk bisa memikat sang betina. Atraksi unik ini menjadi pesona para plesiran yang berkunjung ke desa ini.
Tidak hanya itu, desa Sawinggrai juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah unik juga. Jika Anda sedang berjalan-jalan di tepi pantai desa ini, Anda bisa juga memberikan makan ikan-ikan yang seolah-olah seperti peliharaan di kolam ikan sendiri.
Namun, perlu diketahui pula ada sejenis larangan yang dinamakan dengan sasi laut yaitu laranan untuk menangkap jenis fauna laut tertentu di sebuah kawasan dalam jangka waktu tertentu. Peraturan ini sebelumnya telah disetujui oleh semua anggota masyarakat desa Sawinggrai.
Sumber: http://palingindonesia.com/tarian-eksotis-cenderawasih-merah/

Komentar