Kenapa Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah, Kuning, dan Hijau? Ini Jawabannya

1438745892_550207150.png
Sering kita menemui lampu lalu lintas, salah satunya yang berwarna merah, kuning, dan hijau itu. Bahkan terkadang kita sering sebal dibuatnya. Sekarang dengan banyaknya kendaraan bermotor, di gang kecil yang ramai pun dipasang pula lampu ini. Namun tahukah kamu bagaimana kisahnya lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, dan hijau?

Inilah mengapa lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, dan hijau :
Warna merah mengartikan berani. Dalam arti disini bukan berani untuk terus jalan, karena arti warna merah di lampu lalu lintas adalah berhenti. Warna merah diidentikkan dengan darah. Karena pada zaman peperangan dulu, terjadi peperangan yang sangat mengerikan hingga menumpahkan darah yang tak terkira banyaknya.

Untuk itu, orang-orang berniat menghentikan peperangan dengan warna ini yang berarti berhenti / STOP. Menghentikan pertumpahan darah yang terjadi. Sehingga dibuatlah warna merah yang mengartikan kendaraan harus berhenti.

Warna kuning diartikan sebagai hati-hati. Mengapa demikian? karena jaman perang dahulu, orang-orang menggunakan api sebagai senjata utama untuk berperang. Kuning diibaratkan sebagai warna api. Ketika musuh datang dengan membawa api, mereka akan berhati-hati dan siaga. Dengan begitu, warna kuning diartikan sebagai hati-hati.

Warna hijau artinya aman, maka kendaraan diperbolehkan berjalan. Karena hijau diidentikkan dengan daun-daunan, daun-daunan memberikan ketenangan bagi siapa yang memandangnya. Maka diartikan lah warna hijau sebagai aman dan boleh berjalan.

Penjelasan Letak Lampu Lalu Lintas
Mengenai letaknya, kenapa merah diatas, kuning di tengah, dan hijau dibawah, adalah untuk memudahkan penderita buta warna. Jika letak semua lampu lalu lintas diseragamkan, maka akan memudahkan para penderita buta warna untuk membedakan warna lampu lalu lintas, sehingga mereka dapat membedakan dengan benar.

Ternyata hal sepele seperti lampu lalu lintas yang berwarna merah, kuning, dan hijau ini bukan asal-asalan dalam memberikan warnanya. Pastilah ada filosofi dan sejarah di dalamnya.

Sumber:http://www.catatankecilku.net/2015/07/kenapa-lampu-lalu-lintar-berwarna-merah.html

Komentar